Manfaat Daun Bayam Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Sebenarnya terdapat 2 jenis bayam yang biasa kita konsumsi sebagai sayur, yaitu bayam petik dan bayam cabut. Bayam petik daunnya lebih lebar, batang pohonnya lebih besar dan kuat, umurnya  lebih lama dan cocok untuk dibuat  urap, gado-gado, lalapan dan lain-lain.  Bayam cabut, memetiknya dengan cara mencabut,. mempunyai umur yang lebih pendek, daunnya lebih kecil umumnya digunakan untuk sayuran bening, sup bubur.

Manfaat daun bayam untuk Kesehatan
  1. Merangsang pertumbuhan anak.  Kandungan zat besi yang terdapat pada daun bayam sangat bermanfaat untuk mestimulasi pertumbuhan anak, juga sangat cocok untuk balita. 
  2. Menjaga kesehatan pencernaan Sayuran bayam mengandung vitamin C dan beta karote yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. 
  3. Menyehatkan otak Mengkosnumsi daun bayam juga bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan otak. Kandungan vitamin K dalam bayam menjadi penjaga bagi sistem saraf otak dan sintesis Sphingolipids. 
  4. Menjaga kesehatan kulit dan mata. Bayam mengandung vitamin A yang  bermanfaat untuk menjaga A dan kesehatan kulit.
  5. Menjaga kesehatan tulang, vitamin K pada bayam bisa menjaga kepadatan tulang sehingga tidak terjadi osteoporosis, vitamin K juga berguna untuk mencegah kerusakan sel-sel tulang. 
  6. Menurunkan tekanan darah, Kandungan zat Angiotensin dan Peptida pada daun bayam  bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. 
  7. Manfaat daun bayam untuk diet.  Bagi yang sedang menjalankan program diet bisa mencoba mengkonsumsi bayam. Serat daun bayam bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mencegah terjadinya sembelit, mengontrol gula darah tetap stabil.
  8. Mencegah kanker Bayam adalah sumber Flavonoid yang melimpah, ini adalah sebuah phytonutrisi yang melambatkan pembelahan sel pada perut dan sel kanker. Mengkonsumsi bayam juga bermanfaat untuk menjauhkan diri dari kanker prostat agresif. 
  9. Anti inflamasi. Zat Neoxanthin dan Violaxanthin adalah dua zat dalam bayam yang bermanfaat mencegah dan mengobati  peradangan. 
Untuk memperoleh manfaat daun bayam yang maksimal, beberapa lembar daun bayam yang segar dan bersih diblender lalu diminum. Jus dari daun bayam ini akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kita. Untuk tahap awal cobalah dengan 5 lembar dengan secangkir air dingin. Boleh ditambah madu apabila belum terbiasa dengan rasa khas daun bayam yang mentah itu. Setelah terbiasa jumlahnya bisa ditambah.