Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Kunyit selain digunakan untuk bumbu dapur, ternyata memiliki manfaat sebagai obat alternativ atau herbal. Kita sering memanfaatkan kunyit sebagai obat luka dengan cara mengoleskan di bagian luka. Kunyit juga menyembuhkan sakit maag. Kunyit bermanfaat sebagai antibiotik.
Kunyit juga digunakan sebagai bahan pewarna alami unuk pembuatan nasi kuning, warna kuning ini disebabkan oleh senyawa kurkumin.  Kurkumin adalah senyawa antioksidan dan antiiflamasi yang juga efektif sebagai zat antikanker.

Kunyit sangat bermanfat  untuk mengobati penyakit akibat peradangan , seperti: arthritis, infeksi, alergi, asma, eksim, radang gusi,  Selain itu kunyit juga baik untuk mencegah  kanker, menurunkan tekanan darah tinggi dan diabetes .
Karena kunyit mengandung vitamin B kompleks, maka sangat baik untuk memperbaiki fungsi jantung. Vitamin C yang terkandung di dalam kunyit  juga merupakan anti-oksidan alami kuat , yang membantu tubuh meningkatkan kekebalan tubuh terhadap  infeksi dan radikal bebas.

Kunyit juga mengandung macam-macam mineral seperti :  kalsium, zat besi, kalium, mangan, tembaga, zink  dan magnesium. Kalium adalah salah satu komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah .
Mangan digunakan oleh tubuh sebagai pembentukan enzim antioksidan, zat besi untuk metabolisme dan pembentukan sel darah merah.

Jadi, kunyit  memiliki manfaat untuk pencegahan penyakit dan mempertahankan stamina. Kunyit sebesar ibu jari orang dewasa, (kunyit tua 3 cm) aman untuk dikonsumsi setiap pagi, sekali sehari sebagai jamu dengan cara diblender lalu disaring dan diminum. Bisa ditambah madu. Untuk pengobatan bisa diminum 3 kali sehari.