Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Sirsak adalah tumbuhan buah yang cukup mudah untuk kita jumpai di sekitar kita, sering disebut nangka Belanda. 

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan
Wikipedia menyebutkan , manfaat daun sirsak ternyata lebih hebat dalam mengobati penyakit kanker dibandingkan dengan  kemoterapi. Hal ini diketahui dari hasil penelitian-penelitian yang telah dilakukan, . Pada tahun 1965, Ilmuwan melakukan uji coba terhadap ekstrak daun sirsak.Ditemukan hasil kalau ekstrak daun sirsak mampu memperlambat laju kembang sel kanker dalam tubuh penderita. National Cancer Institute juga membuktikan pada tahun 1976 dengan memilih batang atau ranting pohon sirsak dalam hal menangani kanker. Hasil positif didapat, ternyata daun dan batang sirsak mampu melawan dan menghancurkan sel-sel kanker. Ini karena kandungan senyawa proaktif yang sangat tinggi dalam batang dan daun sirsak , senyawa tersebut diyakini sebagai salah satu unsur yang tidak terdapat pada tanaman yang lain.

Manfaat daun sirsak yang lainnya  melemaskan otot yang telah lama berkontraksi. Menghambat terjadinya mutasi gen. Menjadi obat herbal untuk asam urat. Menangani penyakit eksim dan rematik. Menghilangkan stres pikiran. Memperkuat jaringan atau sistem saraf dalam tubuh. Mencegah perkembangbiakan bakteri atau virus jahat dalam seluruh jaringan serta organ tubuh. Kegunaan yang satu ini hampir sama dengan manfaat buah naga dalam hal mencegah masuknya zat berbahaya pada tubuh. Memperlambat proses penuaan dengan memberikan nutrisi untuk kulit agar tidak cepat keriput. Mengobati penyakit hipertensi. Mengurangi rasa nyeri sendi pada saat bergerak. Sebagai obat untuk membantu seseorang yang mengalami kejang-kejang Menghambat perkembangan parasit yang merugikan tubuh. Juga membasmi cacing parasit. Mengempeskan bisul secara berangsur. Menurunkan suhu badan yang tinggi. Dapat menekan peradangan karena bersifat anti-inflamasi. Meningkatkan produksi asi pada ibu menyusui. Mengatasi masalah sakit di bagian pinggang. Memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Menghindari terkena infeksi virus ataupun bakteri. Menyehatkan fungsi jantung. Menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor pada penderita. Meredakan rasa nyeri pada otot. Membantu pelebaran pembuluh darah yang mengalami penyempitan serta penyumbatan. 

Cara menggunakan atau mengolah daun sirsak agar bisa dimanfaatkan :
  • Obat Kanker, gunakan 10 lembar daun sirsak tua, cuci menggunakan air hangat. Rebus dalam panci berisikan 3 gelas air, tunggu mendidih sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan sehari dua kali masing-masing satu gelas.lakukan setiap hari selama 2 minggu. Jika belum, lebih baik hentikan setelah satu minggu dan konsultasi pada dokter. Pengobatan kanker dengan cara tersebut diharapkan mampu membunuh sel kanker yang tumbuh pada pengidap. 
  • Obat Bisul, unakan 8 lembar daun sirsak tua ukuran sedang, setelah itu cuci menggunakan air hangat. Hancurkan atau lumatkan sampai setengah rata. Tempelkan pada bisul. Biarkan hingga mengering.
  • Obat Batuk, gunakan 7 lembar daun sirsak yang masih muda. Cuci bersih semua daun. Gunakan tangan untuk meremukkan daun (remas), seduh dalam 1 gelas air hangat. Biarkan kandungan daun sirsak menyatu pada air, barulah minum obat ini sampai habis. Jika siap, lebih baik mengobati batuk dengan daun sirsak ini di pagi hari sebelum makan, 
  • Obat Sakit Pinggang, gunakan 20 lembar daun sirsak segar,  rebus dengan 5 gelas air hingga menyisakan 3 gelas air. Setelah dingin minum   3 x  sehari,  masing-masing 1 gelas. 
  • Obat Eksim dan Rematik, gunakan 5 lembar daun sirsak tua ataupun muda,  haluskan lalu tempelkan pada bagian tubuh yang sakit selama 1 jam.
 Demikianlah manfaat dari daun sirsak untuk kesehatan yang belum banyak kita ketahui.