Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Sudah lama orang mengenal daun jambu biji (juga disebut jambu Klutuk) sangat  berkhasiat untuk menyembuhkan diare, namun sebenarnya daun jambu biji memiliki banyak manfaat karena zat atau kandungan yang terdapat pada daun jambu biji itu sendiri. Daun jambu biji kaya akan antioksidan, zat antiperadangan, tanin, vitamin C, antibakteri, yang memiliki efek penyembuhan.

Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan


Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan oleh daun jambu biji.
  • Diare. Ekstrak daun jambu biji terbukti memang memiliki kandungan anti diare.
  • Diabetes. Kandungan serat yang tinggi dalam daun jambu biji  memperlambat penyerapan gula dalam darah sehingga bisa mencegah diabetes.
  • Kegemukan. Kandungan dalam daun jambu biji yang kaya serat menghambat pati kompleks diubah menjadi gula. Dalam tubuh kita gula dimetabolisme oleh liver yang kemudian diubah menjadi lemak. Hal ini yang menyebabkan seseorang menjadi gemuk. Proses ini bisa dihambat oleh zat dalam daun jambu biji. 
  • Kolesterol tinggi.  Mengonsumsi daun jambu biji bisa membantu menurunkan kadar Kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.  . 
  • Kanker lambung. Ekstrak daun jambu biji memiliki kandungan antikanker dan antitumor, (kandungan  likopen, quercetin dan vitamin C) yang bekerja sebagai antioksidan dan melawan radikal bebas.
  • Kanker prostat. Daun jambu biji kaya akan likopen yang sangat baik dalam melawan sel kanker payudara, prostat dan kanker mulut. Likopen menghambat produksi androgen, hormon pada  pria yang bisa memicu pertumbuhan sel  kanker pada prostat. 
Untuk memperoleh manfaat terbaik, daun jambu biji yang sudah tua dicuci dan dibersihkan dari kotoran lalu diblender dan disaring lalu diminum.